Thursday, November 01, 2012

Go To BIFA XV BULELENG | Tips Masuk BIFA

Oiya! BIFA itu : BALI INTERNATIONAL FLYING ACADEMY

Sekarang tanggal 2 November ya, gue berangkat tanggal 11 November gitu. Ya gue harus spend my last day in Jekardah secara asyik dan keren sebelum beranjak ANSOS ke Buleleng. Kenapa ANSOS (antisosial-red)? Karena sekolah gue itu jauh dari mana-mana. Mblesek gitu ke Hutan. Ya ga bener-bener hutan sih, tapi jauh banget dari mana-mana. Bahkan ke Desa sebelah aja jauh. Kita disini bener-bener terpencil. Ga ada hiburan, ga ada warnet, ga ada pacar, ga ada apa-apa deh. Parah ya! [Ini INFO dari nyokap dan senior . Berhubung gue sendiri belum pernah ke Bali :")]

Tapi tenang guys, karena untuk sekolah semahal (biaya Rp 630jt++) ini, tentu saja kita disediakan fasilitas asyik disana haha... Gambarannya gini : Ada embel-embel INTERNATIONAL di nama sekolahnya. Hahahah.. Ngerti kan? Aaah masa ga ngerti.. Payah lo!

Tapi kita kesini memang bukan untuk main-main sih. Kita kesini buat BELAJAR! Hahahaha! Preparing buat RINDAM disana emang gampang. Tinggal beli barang perlengkapan, masukin tas, siapin mental udah. Persiapan sekolah dan kampus pun mudah. Yang susah itu persiapan LDR. Hahaha! Bener-bener bingung harus gimana. Sebagai calon pilot, leave your problem on the ground, and fly safely! Tapi pacar gue ga bisa begitu. Kegalauan pun mulai berdatangan menyambut hari-harinya dan sedikit-sedikit jadi nangis sendiri gitu. OMG!

Okay enough for that, mau cerita aja selama seleksi gue gimana.

Seleksi jadi pilot itu susah-susah-gampang-gampang-susah gitu. Hahahaha!


  1. Lo harus bisa lewatin yang namanya PSIKOTEST PENERBANG bro! Itu yang paling utama. Kalo itu failed, lo koplak. Serius bro! Lo bakal dibilang ga punya bakat terbang! Jangan lupa ya belajar matematika, fisika dan bahasa inggris ;)
  2. Lo harus bener-bener SEHAT ! Lo akan ditest kesehatannya berkali-kali supaya membuktikan kalo lo fix sehat!
  3. Jiwa mindset nalar otak lo harus sehat! Lo bakal ngelewatin yang namanya TES KEJIWAAN atau di LAKESPRA ditulis MMPI! Awalnya lo ngeliat soal itu, lo bakal ketawa dan optimis 'ahh ini mah selo'. Tapi kalo lo ga jujur isinya, dengan shock lo akan menerima hasilnya dengan tangan hampa.
  4. Ini fix banget lo harus pro! BAHASA INGGRIS! Tes yang akan dilewati disini BUKAN TOEFL atau IELTS. Tapi TOEIC! Score lo harus DIATAS 600! Itu harga mati! Ya pokoknya lo harus PRO di bidang ini. Karena pilot itu kalo ngomong diatas, pake bahasa internasional alias ENGLISH!
  5. Disini nalar lo dicobai. PSIKOTEST NBO bakal lo alami sebagai tahapan seleksi. Lo akan diberikan soal-soal absurd yang kocak dan harus selesai dengan tenggat waktu yang ga asyik. Parah mate, lo harus cerdas!
  6. Kalo lo udah dianggep asyik untuk jadi pilot, lo harus melewati yang namanya WAWANCARA AIRLINES ! Ini karena sekolah BIFA biasanya selalu bekerja sama dengan perusahaan aviasi supaya nantinya kita bisa langsung bekerja di perusahaan itu. Kalo ini lo harus modal BEJO! HAHAHAHAHA! Gimana supaya bisa BEJO? Ya lo harus rajin-rajin ibadah, belajar memperbaiki sikap, perilaku tuh ya dijaga, dandan rapih, sopan, supel. Kalo mau pedomannya, ada kok buku tips wawancara kerja. Cari aja ya di toko buku gitu. Gue pernah nemu di GRAMEDIA *iklan banget*.  Disini lo juga harus tunjukin kalo lo smart akademiknya dengan mempelajari sedikit ilmu matematika dan fisika. Kalo lo orangnya asyik, kenalan aja sama sesama peserta interview dan tanya persiapan mereka apa aja. Biasanya mereka tau kok :P 
  7. Sebenernya ini agak jayus ya, tapi menurut gue ini dibutuhkan sobh. Sejak pertama kali daftar dan bertemu sesama peserta tes, sebaiknya lo harus kenalan dengan mereka dan sering-sering kontak. JANGAN anggap mereka PESAING! Anggaplah mereka SAHABAT SEPERJUANGAN!
Begitulah saran asyik dari saya, kalo ada yang mau kenalan boleh... Hehehehe :P @osaprafla aja yaaa :D hahahaha