Search This Blog

Wednesday, January 04, 2023

Upgrade Ringan Komputerku

Ketika aku pindah rumah ke rumah sendiri, aku dapat komputer bekas dari mertua. Dengan spek seadanya, aku coba ingin upgrade komputer itu. Komputernya adalah Lenovo. Selain Lenovo, aku juga upgrade beberapa laptop yang ada di rumahku. Ada dua laptop, yang satu Lenovo ideapad 300 dengan processor Intel i5-6200U yang dimiliki istriku, satunya Laptop HP Pavilion DM1 dengan processor AMD E-350.


Lenovo Desktop ini memang memiliki kemampuan yang lumayan lah. Barang gratis pula. Sayang dong kalo gk aku gunakan hahaha. Dengan RAM hanya 2GB, aku pun putar otak supaya ini kompi bisa asyik digunakan tanpa lemot. Aku tanamkan SSD 128GB dari RX7 dengan Linux OS. Akhirnya bisa main game santai sambil nonton YouTube dengan linux yang ringan.


Pada Laptop Lenovo, sebenernya speknya sudah diupgrage. untuk OS, sudah menggunakan SSD tapi RAM masih 8GB. Masih kurang lah ya untuk menggodok video, buka banyak aplikasi dalam satu waktu. Jadilah aku upgrade jadi 16GB dengan dua keping RAM. Sekarang bisa buka beberapa aplikasi berbarengan. Berharap bisa ganti processor, tapi kayanya udah ditanam jadi gak bisa apa-apa. Dengan Intel i5-6200U ditemani AMD Radeon R5 M330 2GB, sebenernya masih mumpuni buat main game ringan.


Sementara Laptop HP Pavilion DM1 dengan Processor AMD E-350, hanya kuhidupkan karena unsur sentimental saja. Aku gk punya keperluan penting dengan laptop ini. Semua file yang kubutuhkan sudah pindah ke PC utama. Aku upgrade RAM menjadi 16GB, padahal laptop ini maksimal cuma bisa 8GB. Selain itu aku juga upgrade ke SSD 250GB dengan Samsung EVO. Agak berlebihan sih. tapi ya gimana. Sebenernya aku berharap laptop ini bisa usable dengan perangkat-perangkat ini. Tapi kok masih tetep berat dan lemot. aku memang belum coba untuk ganti thermal paste, tapi mudah-mudahan bisa. next aku update lagi setelah ganti thermal phaste.


Inilah salah satu proses unboxing barang-barangnya hehe




No comments:

Post a Comment